DPRD Kaltim

DPRD Kaltim Siap Kaji Rencana Pembangunan Lapas Tambahan untuk Narapidana

POLITIKAL.ID, SAMARINDA – Over kapasitas narapidana lapas di Kaltim menjadi perhatian khusus Wakil ketua DPRD Kaltim, Seno Aji.

Ia menerangkan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)  harus memberikan dana dalam pemugaran lapas.

“Jadi sebenarnya mereka yang harus memberi dana lebih untuk membangun lapas ini,” ujarnya dikonfirmasi, Sabtu (3/4/2021).

Kata Seno, saat ini pihaknya sedang berdiskusi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk menemukan solusi terkait persoalan over kapasitas ini.

“Kita berdiskusi apakah ada lahan kosong di Kutai Kartanegara (Kukar) terutama Tenggarong yang bisa digunakan. Karena sebenarnya, memang terbatas lahan provinsi di Tenggarong Kota,” jelasnya.

Mengenai teknisnya, Seno Aji mengatakan akan memastikan terkait lahan yang digunakan dan pihak yang akan lakukan proyek pemugaran ini.

“Kita harus lebih memperdalam lagi, apakah nanti Kemenkumham yang turun kesini, atau kita menyediakan lahan lalu mereka membangun ataukah sistemnya bagaimana. Ini sedang kita diskusikan,” kata Seno.

Diakui Seno Aji, pihaknya telah berdiskusi dengan Kemenkumham. Dari penuturannya, permasalahan over kapasitas lapas ini terjadi tidak hanya di Kaltim, tetapi di seluruh Indonesia.

“Jadi kita perlu berdiskusi dengan pemerintah setempat. Mudah – mudahan ada anggaran lebih yang bisa kita alokasikan ke sana,” tandas politisi Gerindra itu. (001)

Show More

Related Articles

Back to top button