DPRD Kaltim

Sarkowi V Zahry Tampung Aspirasi Warga Kukar yang Ingin Gabung ke Wilayah Samarinda

POLITIKAL.ID, SAMARINDA – Anggota Komisi III DPRD Kaltim Sarkowi V Zahry tampung aspirasi warga Desa Tani Harapan, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Warga desa menyampaikan usulan perpindahan domisili dari Kukar ke Samarinda. Alasan warga disebut, akibat letak geografisnya yang cukup jauh dengan pusat Ibukota Kukar, Tenggarong. Dan kurangnya perhatian program pembangunan di Desa Tani Harapan.

Sarkowi mengaku bertemu dan menerima langsung aspirasi dari warga, yang disampaikan Kepala Desa Tani Harapan, Ismail, dan Ketua Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Tani Harapan, Mastam, kepada dirinya, Selasa (9/2/2021).

Sarkowi mengatakan, warga yang telah bertemu dengannya ini membawa aspirasi. Agar dapat bergabung ke Kota Samarinda, tepatnya di Kecamatan Palaran.

“Mereka minta saya untuk fasilitasi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov), karena kalau antar Kabupaten Kota itu kan kewenangan Provinsi,” kata Sarkowi ketika dikonfirmasi Rabu (10/2/2021).

Terdapat beberapa alasan yang termuat dalam pertemuan tersebut, yaitu secara lokasi desa, letak geografis itu jauh dari pusat pemerintah Kukar dan cukup dekat dengan Kecamatan Palaran Kota Samarinda. Sehingga, diharapkan nantinya koordinasi berurusan akan lebih cepat.

Kemudian, melihat perkembangan program pembangunan. Lanjut Sarkowi, terkhusus di Desa Tani Harapan ini kurang mendapatkan perhatian terhadap pembangunan yang layak dibanding desa-desa di Kecamatan Palaran lainnya.

Bahkan tidak sampai 5 program yang dilakukan berdasarkan aspirasi DPRD. Tidak ada program Kabupaten yang melalui usulan Camat.

“Sedangkan desa-desa lain punya program yang banyak untuk pembangunan,” ungkapnya.

Mengingat, pada tahun 2020 program yang ada jauh lebih sedikit dari pada desa lain. Dimana, desa lainnya bisa mencapai diatas 10 program.

Owi sapaanya menyampaikan bahwa, Desa Tani Harapan ini berharap, apabila aspirasi mereka diwujudkan dan kelak dapat bergabung ke Kota Tepian, bisa mendapatkan perhatian yang lebih besar, pembangunan bisa semakin pesat, juga kesejahteraan yang kian meningkat. (001)

Show More

Related Articles

Back to top button