Selasa, 16 Juli 2024

Aliansi Jurnalis dan Mahasiswa di Samarinda Tolak Revisi UU Penyiaran

Rabu, 29 Mei 2024 18:7

BERBICARA - Ketua Perssatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim, Abdurrahman Amin./ Foto: Istimewa

POLITIKAL.ID -  Sorotan tajam publik tertuju pada Pembahasan Revisi Undang-Undang Penyiaran (RUU Penyiaran) yang tengah disusun oleh DPR RI.

Meneyoroti hal tersebut, aliansi jurnalis bersama mahasiswa yang ada di Samarinda dan sejumlah aktivis menilai adanya ancaman nyata tentang iklim demokrasi dan kebebasan pers yang hendak dikekang.

Sejumlah pasal multitafsir dan sangat berpotensi digunakan oleh alat kekuasaan untuk membatasi kebebasan sipil dan partisipasi publik. Salah satu yang menjadi sorotan adalah substansi Pasal 50 B ayat (2) huruf c terkait larangan liputan investigasi jurnalistik. 

Hal ini jelas merugikan masyarakat, sebab, dalam lingkup pemberantasan korupsi, produk jurnalistik kerap menjadi kanal alternatif untuk membongkar praktik kejahatan atau penyimpangan tindakan pejabat publik.

Ketua AJI Samarinda Noffiyatul C memaparkan, di Kaltim sendiri, praktik jurnalisme investigasi masih diterapkan. Seperti yang dilakukan kawan-kawan Klub Jurnalis Investigasi (KJI) di Samarinda dan Bontang pada 2023 lalu. Mereka berkolaborasi melakukan peliputan investigasi dan menulis soal Smelter Nikel, PLTU Teluk Kadere, dan penggunaan Void tambang di Bontang untuk sumber air.  

“Tanpa RUU Penyiaran pun, kerja jurnalisme investigasi sudah cukup berat. Maka dari itu, jurnalisme investigasi menjadi semacam level tertinggi praktik jurnalistik. Jangan lupa juga, praktik jurnalisme investigasi yang melegenda soal tambang emas Bre-X dilakukan oleh Bondan Winarno berangkat dari Busang, Kalimantan Timur,” papar Noffiyatul saat menggelar unjuk rasa di depan DPRD Kaltim, Kota Samarinda, Rabu (29/5/2024)..

Kaltim yang kaya akan sumber daya alam berikut dengan masalah sosial, ekologis, dan agrarianya, perlu praktik jurnalisme investigasi untuk memastikan masyarakat di Kaltim mendapat ruang berbicara dan juga mendapat informasi.

Halaman 
Tag berita: