Jumat, 22 November 2024

Belum Sepenuhnya Melek Teknologi, Petugas di Mal Pelayanan Publik Bisa Membantu Masyarakat

Sabtu, 29 Januari 2022 23:39

IST

POLITIKAL.ID, SAMARINDA - Pemkot Samarinda telah membangun gedung baru untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya membangun gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Pahlawan, Samarinda. Terdapat puluhan gerai dari masing - masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ditempatkan. Gedung tersebut satu atap dengan Dinas Perizinan Satu Pintu Pemkot Samarinda. Menanggapi beroperasinya gedung tersebut, Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Kamaruddin mengatakan jajaran pemkot dapat melayani masyarakat secara optimal. "Jelas keberadaan kantor Mal Pelayanan Publik itu bisa memaksimalkan pelayanan kepada publik," harap Kamaruddin diwawancarai, Sabtu (29/1/2022). Sebagaimana harapan Wali Kota Samarinda Andi Harun. Gedung MPP tersebut dapat memangkas panjangnya birokrasi perizinan dan sebagainya. Kamaruddin sependapat dengan keinginan wali kota yang ingin menutup celah makelar perizinan, dan memutus lingkaran setan praktik dugaan percaloan. "Pelayanan satu pintu ini bisa meminimalisir pungli," kata Kamaruddin. Politisi PAN itu menambahkan, berkaca pada temuan kasus pungli kepengurusan tanah di Kelurahan Sungai Kapih menjadi perhatian bersama. Pasalnya, pejabat yakni Lurah harus berurusan dengan polisi dan di bui. "Calo - calo ini banyak, tidak bisa dipungkiri orang dalam yang bermain. Jadi harapannya bisa meminimalisir lah," tambahnya. Lanjut kata Ketua fraksi partai NasDem itu. Lantaran layanan menggunakan perangkat teknologi via online. Maka sangat penting masyarakat juga mengetahui alur penggunaan layanan yang disediakan di MPP. Sebab tak semua masyarakat mengerti dalam menggunakan layanan digital. "Petugas juga wajib mengarahkan atau membantu," pungkasnya. (*/adv)
Tag berita:
Berita terkait