Berita Terkini

72 Petugas Rutan Samarinda Menerima Vaksin Dosis Kedua

POLITIKAL.ID, SAMARINDA – Bertugas mengenalkan virus (inactivated virus) vaksin Covid 19 dosis pertama berperan sebagai prime dose atau dosis utama.

Hal tersebut dijelaskan Rita Rosadi, dokter poliklinik Rutan Kelas IIA Samarinda, usai penyuntikan dosis kedua untuk petugas Rutan Samarinda, Rabu (19/05/21).

kurang lebih 72 orang petugas pemasyarakatan Rutan Samarinda menerima vaksin dosis kedua. Penyuntikan dosis kedua ini di lakukan bekerjasama dengan Puskesmas Bengkuring yang di pimpin dr Tiori Karo Karo.

Rita Rosadi menjelaskan imunitas tidak serta muncul setelah divaksin yang pertama kali, peningkatan dosis di lakukan untuk mengoptimalkan imunisasi di dalam tubuh.

“Pada dosis pertama tubuh kita dikenalkan dulu dengan inactivated virus. Lalu dia akan bekerja sama membentuk sistem kekebalan tubuh atau antibodi baru. Dosis kedua ini gunanya untuk meningkatkan kekuatan vaksin. Sehingga dosis kedua dapat membuat antibodi yang terbentuk semakin kuat dan optimal.” kata Rita, Rabu (19/5/2031)

Sementara itu, Alanta Imanuel Ketaren, Kepala Rutan Samarinda membenarkan pemberian dosis kedua vaksin Covid 19 bagi para pegawainya.

Penyuntikan vaksin dosis kedua ini wajib di ikuti semua pegawai yang sudah menerima dosis pertama.

“Selain bagian menyukseskan program pemerintah, vaksin bagi pelayan publik dosis kedua ini. Secara kesehatan vaksin dosis kedua ini penting buat kami, karena berfungsi sebagai booster dose atau penguat kemampuan vaksin,” ungkapnya.

Dirinya juga menghimbau, para petugas pemasyarakatan yang sudah tuntas menerima vaksin tetap harus patuh protokol kesehatan baik di dalam lingkungan kantor maupun di luar, karena tidak 100 persen vaksin melindungi diri dari virus yang sudah bermutasi jadi banyak varian. (*)

Show More

Related Articles

Back to top button