Berita Terkini

DPRD Samarinda RDP Bersama OPD, Soroti Rendahnya Serapan Anggaran

POLITIKAL.ID, SAMARINDA – DPRD Samarinda menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemerintah kota Samarinda dibawah koordinasi komisi 1 DPRD Samarinda, Jum’at 4 Juni 2021.

Rapat dipimpin Ketua komisi 1 DPRD Samarinda, Joha Fajal. Ia menuturkan sebelum membahas anggaran pihaknya menanyakan realisasi setiap OPD sejauh mana sudah penyerapan anggaran tersebut.

“Jadi RDP dengan OPD dibawah koordinasi komisi I memang kita adakan setiap tahun sebelum kita membahas anggaran, bahkan yang setahun sebelumnya untuk realisasi di setiap OPD itu sampai sejauh mana penyerapannya,” ujar Joha Fajal saat ditemui awak media.

Lanjut Joha sapaannya itu menjelaskan, dari rapat tersebut pihaknya melihat dari triwulan pertama banyak OPD yang masih penyerapannya rendah bahkan ada yang sampai 11% saja.

“Kami lihat penyerapan anggaran OPD terkait ini sangat rendah. Harusnya di triwulan pertama itu penyerapannya itu harus sudah sampai 50% sampai 60%,” imbuhnya.

“Jadi pada saat mengusulkan anggaran di perubahan, berarti anggaran yang murni itu sudah selesai,” sambunganya.

Kendati demikian, politisi dari fraksi Nasdem tersebut, akan mencari solusi yang terbaik untuk mencari solusinya. Pasalnya kondisi kota Samarinda saat ini untuk penyerapan anggaran memang rendah.

“Makanya kita akan mencari solusinya bagaimana nantinya, karena kita lihat saja kondisi secara umum memang masih rendah,” pungkasnya. (*)

Show More

Related Articles

Back to top button