Berita Terkini

Kejari Samarinda Siap Sukseskan Program Inventarisir Aset Pemkot

POLITIKAL.ID, SAMARINDA – Kejaksaan negeri (Kejari) Samarinda siap sukseskan program inventalisir aset pemkot Samarinda.

Hal itu dijelaskan Kajati Samarinda, Heru Widarmoko seusai mendapat kunjungan dari wali kota dan wawali Samarinda di kantornya, Jum’at (19/3/2021).

Pemkot meminta Kejari Samarinda bekerjasama terkait penarikan pajak yang tertunggak.

Heru sapaanya itu menyatakan siap bersinergi bersama dan langsung beraksi melakukan inventarisasi, yang bermuara pada pemasukan kas daerah ke depan.

“Kami inventarisir melalui rapat bersama, untuk mengetahui problem solving apa yang terjadi di Samarinda,” ucap Heru sapaannya.

Terkait perusahaan-perusahaan yang menunggak dalam hal pajak, ia menyebut pihaknya masih akan menginventarisir terlebih dahulu.

Optimalisasi pajak dan menelusuri aset pemkot disebutnya bukan perkara yang mudah.

Perlu waktu untuk menyelesaikan tugas tersebut dengan tuntas. Pasalnya kerjasama tim melalui jaksa atau pengacara negara perlu kerja-kerja yang matang.

“Belum kita inventarisir. Yang jelas, PAD kita terlalu kecil, selama ini pembangunan lebih banyak menggunakan dana dari pusat. Nanti kita optimalkan agar kami bisa membantu dalam rangka peningkatan PAD,” ucapnya.

Ia menegaskan, setelah daftar pajak tertunggak telah diinventarisasi, penagihan akan diserahkan kepada pengacara negara.

“Kita tinggal action plan saja. Terhadap problem solving itu kami akan cari solusi penyelesaiannya. Lebih aktif kepada jaksa pengacara negara untuk menagihnya,” pungkasnya. (001)

Show More

Related Articles

Back to top button