Berita Terkini

Pemkot Genjarkan Kebersihan, Wawali Ingatkan Masyarakat Buang Sampah Seusai Aturan

POLITIKAL.ID, SAMARINDA – Wakil wali kota (Wawali) Samarinda, Rusmadi blusukan ke beberapa titik, Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di jalan protokol Samarinda, Rabu 10 Maret 2021.

Dikatakan Rusmadi, bluaukan tersebut dilakukan di dua kecamatan Samarinda yakni, di Kecamatan Sungai Pinang dan Kecamatan Samarinda Kota.

Rusmadi menyatakan masih ada saja warga yang menyalahi aturan dalam membuang sampah. Namun begitu, dirinya tak bisa sepenuhnya menyalahkan tindakan pelanggaran itu.

“Saya juga tidak bisa menyalahkan warga. Artinya memang ini masalah ini ya harus pelan-pelan disadarkan ke warga. Kuncinya masyarakat harus tertib. Kalau masyarakat tidak tertib, harapan untuk Samarinda bebas sampah akan sulit,” ungkap Rusmadi kepada awak media, Kamis (11/3/2021).

Seperti diketahui, dari 5 program percepatan 100 hari kerja Andi Harun – Rusmadi salah satunya berfokus pada penanganan kebersihan.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda, Nurrahmani — Yama sapaan Karibnya, menyatakan program percepatan 100 hari yang melibatkan DLH menyangkut 4 hal.

Mulai dari tidak adanya lagi TPS di jalan protokol, kemudian gerakan bersih sungai karang mumus (SKM), inovasi pengumpulan minyak jelantah dari perusahaan waralaba sebesar 10, serta pemberlakuan TPS mobile di jalan pada 6 titik yang tak memiliki pengalihan TPS.

Yama merinci, untuk penghapusan TPS di jalan protokol sendiri telah berjalan. Diantaranya, TPS di jalan DI Pandjaitan, jalan Cipto Mangunkusumo (Lipan Hill), Slamet Riyadi, Belatuk, dan 100 TPS lainnya yang kini sedang dalam proses.

Sementara itu, terkait pembersihan SKM, Yama menyebut pihaknya telah memasang jala dengan model zig-zag pada beberapa titik jembatan di Samarinda. Hal itu agar akses perahu warga tidak tertutup sepenuhnya.

“Untuk sekarang pemasangan jala telah berjalan di 4 titik jembatan. Pertama di jembatan gang Nibung, kemudian jembatan samping Hotel JB, lalu jembatan Sungai Dama, dan jembatan I di jalan Yos Sudarso,” ungkapnya, Kamis 21 Maret 2021. Lanjut dia. “Seperti di Antasari, akan diganti dengan TPS mobile. Dimana ada truk pengangkut sampah DLH yang berada disana. Estimasi waktunya dari pukul 18.00 sampai 22.00 Wita dan pukul 05.00 subuh sampai pukul 06.00 Wita,” sambungnya. (001)

Show More

Related Articles

Back to top button