Berita TerkiniNasional

Protes Perlakuan Polisi ke Syahganda dkk, KAMI Galang Petisi Dukungan

POLITIKAL.ID – Berita Nasional yang dikutip POLITIKAL.ID tentang petisi dukungan sebagai protes perlakuan polisi ke Syahganda dkk.

Analis politik asal Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Adi Prayitno menilai gerakan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) akan semakin menemukan ‘eksistensinya’ meski sejumlah tokoh dan aktivis mereka ditahan oleh pemerintah.

Salah satunya dengan menggalang petisi dukungan.

“Petisi itu sebagai bentuk protes KAMI karena Syahganda dkk diperlakukan seperti pelaku kriminal dan koruptor kakap. Diborgol dan dipertontonkan ke publik,” kata Adi dikutip dari SINDOnews, Senin (19/10/2020).

Menurut Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini, meski para aktivis KAMI yang ditahan diduga melakukan tindak pidana pada umumnya, tapi langkah aparat penegak hukum tak seharusnya mempertontonkan mereka secara tidak wajar ke publik.

Ia khawatir cara tersebut semakin menarik simpati dan dukungan publik.

Adi menganggap, selain para aktivis yang ditangkap itu cenderung kritis terhadap pemerintah, penangkapan itu juga masih menjadi polemik lantaran penerapan UU ITE bisa diartikan secara subjektif dan sepihak oleh pemerintah yang berkuasa.

“Tahanan politik tak semestinya diborgol dan dipertontokan. Hanya penjahat kakap perusak negara yang layak diperlakukan seperti itu,” ujarnya. (*)

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul “Petisi Dukungan KAMI Bentuk Protes Perlakuan Polisi ke Syahganda dkk

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button