Berita Terkini

Tancap Gas, Pemuda Katolik Rapikan Struktur di 10 Kabupaten dan Kota se Kaltim

POLITIKAL.ID, SAMARINDA – Setelah dilantik pengurus pusat pada 22 Februri 2021 lalu, Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Kaltim langsung tancap gas.

Sabtu (6/3/2021) malam lalu, mereka menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) untuk menyusun sejumlah program kerja selama setahun ke depan.

Kaderisasi menjadi salah satu program prioritas yang harus dimaksimalkan. Di sisi lain, perapian struktur kepengurusan di level kabupaten kota juga menjadi salah satu fokus perhatian. Harapannya, agar mesin organisasi di semua level bisa bekerja optimal untuk melahirkan kader-kader tangguh yang siap didistribusi ke tengah masyarakat.

“Sebagaimana semboyan kami yakni Pro Ecclesia et Patria, yang artinya untuk gereja dan bangsa, maka menjadi bagian dari tugas kami untuk ikut menyiapkan generasi bangsa yang tangguh untuk berkiprah di tengah masyarakat di bidang apapun. Jadi intinya distribusi kader,” ujar Ketua Pemuda Katolik Komda Kaltim, Kornelius Keladu di sela-sela kegiatan Rakerda.

Sekretaris Pemuda Katolik Komda Kaltim, Marianna Tukan menambahkan, kaderisasi ini menjadi amanat langsung dari Pengurus Pusat serta hirarki gereja. Karena itu, dalam waktu dekat pihaknya akan menyurati sejumlah pengurus Komisariat Cabang (Komcab) yang tersebar di 10 kabupaten dan kota di Kaltim.

Intinya meminta kepada semua Komcab yng ada untuk segera menyelenggarakan Masa Penerimaan Anggita (Mapenta) yang menjadi pendidikan paling dasar di Pemuda Katolik. Selanjutnya, melakukan perapian struktur kepengurusan untuk segera disahkan.

“Kebetulan hampir semua pengurus di kabupaten atau kota ini juga sudah menyelenggarakan Muskomcab (Musyawarah Komisariat Cabang). Kita minta supaya segera disusun kepengurusannya. Kemudian yang wajib adalah melaksanakan Mapenta. Bagi yang tidak melaksanakan, tentu akan menjadi bahan evalusi bersama di kita,” ungkap Marianna.

Meski begitu, pihaknya telah menerima laporan jika ada beberapa Komcab yng sudah mulai persiapan untuk melaksanakan Mapenta.

Komcab Samarinda kemungkinan menjadi daerah pertama yng akan melaksanakan Mapenta dalam waktu dekat.

“Dari laporan yng kami terima, Samarinda sedang persiapan untuk Mapenta. Setelah itu nanti menyusul daerah lain. Kita mulai dari yang terdekat saja dulu yang mudah dijangkau. Setelah Samarinda, mungkin kita akan bergeser ke daerah lain seperti Kutai Kartanegara,” ungkapnya.

Selain itu yang juga tak kalah penting adalah persiapan untuk Kongres Nasional tahun ini yang akan dilaksanakan di Papua Barat.

Komda Kaltim akan mengirimkan delegasi secara makimal. Bahkan jika memungkinkan, diharapkan agar salah satu agenda nasional seperti Rakernas dan Rapimnas ke depan bisa dilaksanakan di Kaltim.

“Di samping semua itu, kita juga akan maksimalkan kegiatan di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, kepemudaan, dan lain sebagainya.Termasuk membangun komunikasi aktif lintas OKP di Kaltim,” ungkap Marianna. (001)

Show More

Related Articles

Back to top button