Berita Terkini

Wali Kota Samarinda Andi Harun Sosialisasikan Program Unggulan ke Forum RT Sungai Pinang Dalam

POLITIKAL.ID, SAMARINDA – Wali kota Samarinda, Andi Harun bertemu dengan Forum Rukun Tetangga (RT) Kelurahan Sungai Pinang Dalam (SPD), Gang Andika, Jalan Lambung Mangkurat, Samarinda, Sabtu (22/5/2021) malam.

Pada kesempatan tersebut, AH sapaan karibnya menuturkan dalam pertemuan tersebut menyampaikan salah satunya terkait Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Pro Bebaya).

Menurutnya selama ini tugas berat ada pada ranah Kecamatan dan juga kelurahan, dengan adanya RT merupakan perpanjangan tugas dari Kecamatan dan Kelurahan, serta Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda.

“Kita berharap tugas umum di pemerintahan yang ada di lingkungan RT itu dilaksanakan ketua RT masing-masing,” ujarnya saat diwawancarai usai kegiatan.

Pemkot Samarinda memberikan apresiasi dengan menaikan gaji para ketua RT dan memberikan alokasi anggaran yang akan dimulai pilot project di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2021.

Program unggulan Rp 100 sampai 300 juta mulai dilaksanakan bulan depan.

“Penanganan kebersihan lingkungan, seperti sampah, parit, banjir, sampai kepada upaya pencegahan Covid-19, itu masuknya dalam program Pro-Bebaya,” ungkapnya.

Sementara itu disampaikan Titus Sidete, Ketua Forum RT SPD, berkaitan dengan adanya rencana penaikan honor Gaji RT, menuturkan sebagai seorang RT harus memiliki tanggungjawab.

“Jadi bukan hanya dinaikan honor tapi kita berdiam diri, saya juga sebagai ketua Forum RT tidak bisa hanya menerima saja. Tetapi harus bekerjasama sesuai dengan apa yang sudah disampaikan Wali kota,” sebutnya.

Lalu tentang rencana alokasi anggaran, dirinya sebagai ketua mengaku akan lebih pro aktif terkait dalam pengawasan. Kendati itu laporan dari RT menjadi prioritas utamanya.

“Kegiatan apa yang dilakukan setiap RT, tetapi kalau laporannya terlambat apa yang harus dilakukan? Makanya saya tekankan ketua RT harus aktif masalah laporan,” tambahnya.

Ia menginfokan bahwa total RT di Kelurahan SPD berjumlah 114 RT.

Dan menyampaikan ucapan terimakasih dan juga merasa bangga atas kehadiran wali kota Samarinda, Andi Harun.

“Jadi intinya kami merasa bangga, dan berterimakasih atas kehadiran beliau di Forum RT,” pungkasnya yang juga sebagai Ketua RT 10 Kelurahan SPD. (*)

Show More

Related Articles

Back to top button