Selasa, 18 Juni 2024

'Dorong Kinerja Pemerintah' Menpan RB Usulkan Kenaikan Gaji PNS, Ini Tanggapan Kemenkeu Sri Mulyani

Sabtu, 20 Mei 2023 20:13

ILUSTRASI - Pegawai Negri SIpil (PNS). / Foto: Istimewa

POLITIKAL.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengusulkan untuk kenaikan Gaji Pegawai.

Akan tetapi hal ini belum mendapat keputusan soal usulan kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) dari Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

"(Gaji PNS) nanti kita lihat Bapak Presiden yang sampaikan untuk UU APBN," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers pada Jumat, 19 Mei 2023. "Hari ini fokusnya kebijakan ekonomi makro dan fiskal."

Sebelumnya, Anas mengatakan pihaknya bersama Menkeu Sri Mulyani  telah sepakat merombak perumusan tunjangan kinerja (tukin) PNS berdasarkan performa masing-masing wilayah. 

"Kami sepakat bersama Pak Presiden dan Menkeu soal ini, kami sedang cari formulanya di dalam Peraturan di PPASN (Pusat Pelatihan Aparatur Negara) nanti," kata Anas, Rabu, 17 Mei 2023.

Rencana kenaikan gaji PNS ini bermula dari ide untuk mendorong kinerja para PNS. Selama ini, menurut Anas, jumlah tukin yang diterima PNS sama rata. Karena itulah dia menyarankan agar ada perbedaan jumlah tukin diberikan sesuai performa atau kinerjanya.

Halaman 
Tag berita: