Jumat, 26 April 2024

Optimisme Brexit Inggris dan Dampaknya Bagi Indonesia

Jumat, 31 Januari 2020 14:9

IST

POLITIKAL.ID, SAMARINDA - Duta Besar Inggris di Jakarta, Owen Jenkins, memaparkan keputusan negaranya untuk keluar dari Uni Eropa (Brexit) mendatangkan keuntungan bagi Indonesia, terutama dalam konteks hubungan bilateral.

Menurut Jenkins, Brexit menjadikan Inggris lebih terbuka kepada dunia dan mandiri khususnya dalam menerapkan kebijakan luar negerinya, terutama dalam memperkuat relasi dengan negara lain, termasuk Indonesia, bahkan Uni Eropa sekalipun.

"Brexit menawarkan peluang yang sangat besar bagi Indonesia," kata Jenkins dalam jumpa pers di kedutaannya beberapa jam jelang Brexit resmi berlaku, Jumat (31/1).

"Keluar dari Uni Eropa menjadikan kami bisa lebih mendunia. Inggris yang mendunia berarti hubungan baru dengan Uni Eropa dan hubungan bilateral yang lebih erat dengan negara lain termasuk dengan Indonesia," tutur Jenkins menambahkan.

Jenkins memaparkan pasca-Brexit, Inggris tidak akan terikat lagi aturan Uni Eropa dalam menjalin hubungan dengan negara-negara lain. Dengan begitu, tutur Jenkins, Inggris bisa lebih leluasa meningkatkan volume perdagangan dengan Indonesia dari kedua arah.

"Selepas Brexit, Inggris bisa memperkuat kerja sama ekonomi dengan Indonesia, mengurangi hambatan perdagangan seperti tarif dan sebagainya, akses pasar antar kedua negara juga bisa diperluas," ucap Jenkins.

Selama ini, Jenkins memaparkan bahwa Inggris merupakan importir terbesar kayu Indonesia di antara negara Uni Eropa.

Halaman 
Tag berita:
Berita terkait