Jumat, 26 Juli 2024

KPU Tetapkan Batas Kepala Daerah saat Pelantikan Minimal Berusia 30 Tahun

Senin, 1 Juli 2024 16:47

POTRET - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) , Hasyim Asy'ari./ Foto: Istimewa

POLITIKAL.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengakomodir putusan Mahkamah Agung (MA) soal perubahan perhitungan syarat usia calon kepala daerah

Disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari bahwa syarat usia minimum 30 tahun untuk calon gubernur dan wakil gubernur, dan minimal 25 tahun bagi calon wali kota dan wakil wali kota di Pilkada 2024, baru wajib terpenuhi saat pelantikan pada 1 Januari 2025, bukan saat pendaftaran.

“Keterpenuhan syarat usia calon harus telah genap berusia 25 tahun bagi calon bupati/walikota dan wakil bupati/wakil walikota, dan harus sudah genap berusia 30 tahun bagi calon gubernur dan wakil gubernur, pada tanggal 1 Januari 2025,” ujar Hasyim dalam keterangan resminya, Minggu (30/6/2024).

Hasyim menerangkan, formula pemenuhan syarat usia bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah ini mempertimbangkan sejumlah kerangka hukum.

Salah satunya adalah amar putusan MA No. 23 P/HUM/2024 angka 2 yang mengubah isi Pasal Pasal 4 ayat (1) huruf d Peraturan KPU (PKPU).

Putusan ini mengubah perhitungan batas usia calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang sebelumnya dihitung pada saat pendaftaran, menjadi ketika dilantik sebagai kepala daerah definitif.

Halaman 
Tag berita: