Arah PolitikNasional

Soal Partai Ummat Buatan Amien Rais, Begini Tanggapan Karyono Wibowo

POLITIKAl.ID – Berita Nasional yang dikutip POLITIKAl.ID tentang Karyono Wibowo menilai partai baru  Amien Rais sulit berkembang.

Setelah mantan Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR), Amien Rais mengumumkan nama partai baru besutannya yakni Partai Ummat.

Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute, Karyono Wibowo langsung angkat bicara.

Ia menilai, partai baru yang didirikan Amien Rais dan koleganya, yakni Partai Ummat sulit berkembang. Menurut Karyono, partai tersebut tidak mudah untuk lolos di parlemen.

“Partai Ummat harus berebut ceruk pemilih dengan semua partai, termasuk dengan Partai Amanat Nasional (PAN) pimpinan Zulkifli Hasan yang dulu ia didirikan bersama sejumlah tokoh,” kata Karyono Wibowo kepada SINDOnews, Jumat (2/10/2020).

Dia mengatakan, salah satu yang menarik adalah asas partai baru Amien Rais itu yang awalnya disebut akan menggunakan asas Islam Rahmatan Lilalamiin, namun akhirnya menggunakan Pancasila.

Sehingga kata dia, asasnya sama dengan PAN yang berasaskan Pancasila dan besifat terbuka, majemuk, berasal dari berbagai pemikiran, latar belakang etnis dan agama.

Karyono menuturkan, PAN tidak menjadikan Islam sebagai asas, tapi agama menjadi landasan perjuangan PAN.

“Walau demikian, Partai Ummat tetap harus berjibaku merebut suara di pemilu nanti, partai baru yang didirikan Amien akan berebut ceruk pemilih partai Islam dan bersaing dengan partai berhaluan nasiinalis.

Dengan posisi seperti itu, partai baru bentukan Amien tidak mudah untuk merebut pemilih,” tuturnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, mungkin Amien Rais berharap dapat merebut suara dari basis Muhammadiyah dan berharap dukungan dari golongan umat Islam lainnya.

“Tetapi nampaknya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Pasalnya, basis pemilih Muhammadiyah telah menyebar ke sejumlah partai,” ungkapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di sindonews.com dengan judul “Dilema Partai Baru Amien Rais Diprediksi Sulit Berkembang” https://nasional.sindonews.com/read/183328/12/dilema-partai-baru-amien-rais-diprediksi-sulit-berkembang-1601601058

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button