Selasa, 16 Juli 2024

Pilpres 2024

Pengamat Ungkap Makna Penting di Balik Ucapan Selamat Pemimpin Dunia untuk Prabowo Subianto

Kamis, 21 Maret 2024 13:50

Prabowo Subianto banjir ucapan selamat saat memenangkan Pilpres 2024

POLITIKAL.ID - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto, ramai mendapatkan ucapan selamat dari para pemimpin dunia, setelah unggul dalam perolehan suara di Pilpres 2024.

Kendati penghitungan suara Pilpres 2024 masih berlangsung, pasangan Prabowo-Gibran unggul jauh dibandingkan rival politiknya.

Alasan ini yang mendasari para pemimpin dunia seperti Presiden Rusia Vladimir Putin, PM Inggris Rishi Sunak, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Raja Yordania Abdullah II, hingga Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto.

Banjirnya ucapan selamat dari para tokoh ini, menyiratkan pesan penting bagi Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi menganakan itu bisa bermakna legitimasi informal, bahwa Prabowo sudah diakui dunia sebagai suksesor Jokowi yang memimpin Indonesia ke depan, kendati KPU belum mengumumkan pernyataan resmi.

"Memberi semacam makna simbolik bahwa tanpa harus menunggu proses formal selesai di tingkat KPU karena proses perhitungannya dilakukan secara berjenjang, pemimpin dunia sudah mengetahui meskipun masih unofficial, tetapi kemungkinan besar hasil quick count itu tidak akan berbeda jauh dengan hasil real count KPU," ungkap Burhanuddin Muhtadi, Kamis (14/3/2024).

Selain itu, dalam konteks dunia internasional, ucapan selamat itu bermakna mengabarkan proses transisi kepemimpinan di Indonesia tanpa gejolak, meskipun masih menunggu proses pelantikan hingga Oktober 2024.

Halaman 
Tag berita:
Berita terkait