Selasa, 18 Juni 2024

Rayakan HUT ke-18, Pemerintah Desa Jembayan Tengah Gelar Festival Kampong Serarong

Kamis, 6 Juni 2024 19:45

POTREt - Festival Kampong Seraong. / Foto: Ist

POLITIKAL.ID - Dalam memperingati hari jadi desa yang ke-18, Pemerintah Desa Jembayan Tengah, Kecamatan Loa Kulu gelar Festival Kampong Seraong.

Festival ini dilaksanakan di terpusat di Kantor Desa Jembayan Tengah mulai Kamis (6/6) ini hingga lima hari kedepan dengan berbagai penampilan kesenian dan kebudayaan Kutai.

Kegiatan ini juga dikerjasamakan dengan Pemerintah Kecamatan Loa Kulu, perusahaan yang beroperasi di sekitar hingga Dinas Pariwisata (Dispar) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar.

Kepala Desa Jembayan Tengah Masnur mengatakan Festival Kampong Seraung ini bertujuan untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat desa. Selama lima hari penuh ini, sejumlah penampilan kesenian dan kebudayaan yang ada di Jembayan Tengah disuguhkan untuk masyarakat.

"Jadi satu malam itu ada enam penampilan kesenian tradisional. Sementara pada siang hari ada lomba olahraga tradisional, kayak, ketapel, enggrang dan begasing,” jelas Masnur.

Sedangkan untuk malam Sabtu, pihak Pemdes Jembayan Tengah juga melaksanakan tabligh akbar kemudian dihari selanjutnya akan kembali diramaikan dengan sejumlah penampilan kesenian. Pihaknya juga melibatkan UMKM lokal tujuannya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. 
 
“Kegiatan festival kampong seraong ini kita jadwalkan menjadi agenda tahunan,” tutupnya. 

(Advertorial) 

Tag berita: