Rabu, 22 Mei 2024

Sosok

Sosok Anwar Ibrahim Perdana Menteri Baru Malaysia, Pernah Tersangkut Kasus Sodomi

Kamis, 24 November 2022 13:0

PM Malaysia, Anwar Ibrahim, Perdana Mentri Malaysia. / Foto : IST.

POLITIKAL.ID - Ketua Pakatan Harapan, Anwar Ibrahim akan menjabat sebagai perdana mentri Malaysia yang ke-10. Rencananya Ia akan dilantik Raja Al-Sultan Abdullah  pada 17.00 sore ini.

Anwar Ibrahim sebagai perdana mentri Malaysia yang baru, akan menggantikan posisi Ismail Sabri Yakoob.

Anwar Ibrahim ditunjuk raja secara langsung.Sebelumnya, perjalanan Anwar Ibrahim menjadi perdana mentri, penuh lika-liku.

Koalisi Anwar Ibrahim, yang dikenal sebagai Pakatan Harapan, memenangkan kursi terbanyak dalam pemungutan suara hari Sabtu dengan 82. Saingannya adalah blok Perikatan Nasional Muhyiddin memenangkan 73. Mereka membutuhkan 112 suara untuk membentuk pemerintahan.

Blok Barisan Nasional yang merupakan penguasa lama, hanya mendapatkan 30 kursi. Barisan Nasional menyatakan tidak akan mendukung pemerintahan yang dipimpin oleh Muhyiddin maupun Anwar.

Perjalanan Anwar Ibrahim di karir politik dimulai 30 tahun lalu, ia dikenal sebagai  anak didik pemimpin veteran Mahathir Mohammad. Namun ia sempat menjadi tahanan yang dihukum karena kasus sodomi. Anwar Ibrahim menjadi pemimpin oposisi dan akhirnya perdana menteri.

Pemilik nama lengkap Anwar bin Ibrahim lahir pada 10 Agustus 1947 di Cherok Tok Kun, Penang, Malaysia. Mengutip dari Britannica, Anwar bersekolah di Sek Melayu Sungai Bakap, Sek Melayu Cherok Tok Kun dan Sek Ren Stowell, Bukit Mertajam. Anwar terpilih untuk melanjutkan ke Maktab Melayu Kuala Kangsar (MCKK) di Tingkatan Satu pada tahun 1960 dan menjadi Ketua Pelajar di sana.

Halaman 
Tag berita:
Berita terkait