Foods

Kukar Ditarget 1.173 Hektar Tanaman Jagung, Progres Masih 74,91 persen

POLITIKAL.ID, SAMARINDA – Ketahanan pangan di Kaltim menjadi perhatian besar Pemprov Kaltim saat ini.

Dalam rangka menyukseskan Gerakan Percepatan Tanam Jagung di Kaltim, Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kaltim menyalurkan bantuan bibit jagung di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Pada Sabtu (15/8/ 2020), bersama Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, Plt Kepala Dinas Pangan TPH Dadang Sudarya melakukan Gerakan Tanam Jagung di Gapoktan Gerbang Makmur, Desa Sanggulan Kecamatan Sebulu Kukar.

“Bersama Bupati Kukar, kita melakukan Gerakan Tanam Jagung seluas 110 hektar di Desa Sanggulan. Bibit jagungnya bantuan APBN,” kata Dadang Sudarya melalui rilis yang diterima media ini, Selasa (18/8/2020).

Dadang mengakui target tanam jagung Kukar pada Agustus seluas 200 hektar, namun saat ini baru terealisasi 12 hektar.

Karena itu, dilakukan gerakan percepatan tanam di Gapoktan Gerbang Makmur seluas 110 hektar.

“Kukar dari target 1.173 hektar baru terealisasi 879 hektar atau baru terealisasi 74,91 persen, oleh karena itu dilakukan percepatan tanam jagung,” imbuhnya.

Dijelaskan Dadang, realisasi tanam jagung Kaltim untuk April-Agustus sudah mencapai 8.188 hektar dari target 4.080 hektar. “Jadi sudah terealisasi 200,66 persen, data per 14 Agustus,” tambahnya.

Dadang mengungkapkan di lahan Gapoktan Gerbang Makmur Desa Sanggulan, telah ada komoditi unggulan yang berkembang pesat, yakni pisang dan buah naga.

“Kita dorong kawasan Gapoktan Gerbang Makmur menjadi sentra tanaman buah. Sebab, ada lahan 40 hektar khusus buah naga. Nantinya dikembangkan jagung di lahan 110 hektar, juga pisang,” pungkasnya. ( Redaksi Politikal – 001 )

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button