Selasa, 18 Juni 2024

Upaya Turunkan Angka Stunting, Maslinawati Edi Ajak Terapkan PAUD Holistik Integratif di Muara Muntai

Jumat, 7 Juni 2024 19:22

KUNKER - Bunda PAUD Kutai Kartanegara Maslianawati mengajak masyarakat untuk mencegah stunting menuju generasi emas di Muara Muntai, Kamis (6/6/2024)./ Ist

POLITIKAL.ID - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) terus berupaya menurunkan angka stunting setiap tahunnya, langkah tesebut dilakukan dengan  menerapkan strategi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) secara holistik integratif di wilayah Kukar, salah satunya di Kecamatan Muara Muntai

 PAUD holistik integratif bertujuan menyediakan layanan bagi anak usia dini yang diselenggarakan secara terintegrasi dan selaras antarlembaga layanan melalui komitmen semua unsur terkait, baik pihak terkait bidang kesehatan, lingkungan, dan lainnya.
 
"PAUD holistik integratif merupakan pengembangan pendidikan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi," kata Bunda PAUD Kukar Maslianawati Edi saat Fasilitasi PAUD di Kecamatan Muara Muntai, Kamis.
 
Kegiatan melalui kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar ini mengusung tema "PAUD Holistik Integratif dalam rangka Pengentasan Stunting dan Penguatan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan".

 Terkait upaya penanganan stunting, Maslianawati mengatakan pengetahuan tentang asupan gizi perlu ditanamkan sejak dini, agar mereka membiasakan mengonsumsi makanan bergizi sampai tua dan menularkan pola sehat tersebut kepada generasi penerus.
 
"Untuk saat ini, sangat penting pemahaman tentang gizi yang diberikan bagi anak dan tak perlu mahal, tetapi paham bagaimana komposisi makanan yang baik bagi anak untuk mengatasi stunting," katanya.
 
​​​​Pemkab Kukar, lanjutnya, ingin menurunkan prevalensi stunting setiap tahun, yakni dari prevalensi 17 persen pada 2023 menjadi 14 persen di 2024, dan terus menurun di tahun-tahun berikutnya, sebagai dukungan Pemkab Kukar menyongsong Indonesia Emas 2045.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar Maria Ester mengatakan, pengembangan PAUD holistik integratif merupakan upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan secara sistematis dan terintegrasi.
 
Ini dilakukan karena PAUD merupakan masa transisi, yakni transisi dari TK menuju SD yang merupakan waktu terpenting sehingga harus terus didampingi, disikapi, dan mendapat perhatian secara khusus.

(Redaksi) 

Tag berita: