Selasa, 16 Juli 2024

13 Nama Berebut Jadi Calon Wakil Walikota Dampingi Andi Harun di Pilkada 2024, Ada Mantan Rival Politik

Jumat, 24 Mei 2024 20:43

KOLASE - 3 Bacalon Wakil Walikota Samarinda di periode 2019./ Foto: Istimewa

POLITIKAL.ID - Partai Gerindra Samarinda melakukan penjaringan bacalon Wakil Walikota Samarinda, setidaknya ada 13 nama yang mendaftar untuk mendampingi Andi Harun di Pilkada Samarinda.

Keputusan Wali Kota Andi Harun untuk kembali maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Samarinda 2024 seakan menjadi magnet bagi para bakal calon (bacalon) Wakil Walikota Samarinda.

Nama-nama tersebut berasal dari partai politik, dan ada sebagain dari kalangan birokrat.

Bahkan ada dari mereka yang juga merupakan mantan rival Andi Harun di Pilkada Samarinda tahun 2020 lalu.

Berdasarkan patauan media di Fox Hotel, Jalan S. Parman, Kota Samarinda tempat pendaftaran atau penjaringan bacalon Wakil Walikota, Sarwono datang langsung mengembalikan form pendaftaran.

Kemudian disusul oleh perwakilan DPC Partai Demokrat Samarinda M. Barkati yang turut mengembalikan.

Kedua pihak belum ingin diwawancarai karena masih tahap awal dalam Pilkada Samarinda 2024.

Sementara Zairin Zain, dari informasi tim penjaringan Partai Gerindra sehari sebelumnya atau Selasa 21 Mei 2024, dan mengembalikan sendiri.

Meski Zairin Zain (Mantan Birokrat), Sarwono (Gelora), dan Barkati (Demokrat) rival Andi Harun dalam Pilkada sebelumnya, Ketua DPC Partai Gerindra, Helmi Abdullah memastikan penjaringan mencari pendamping untuk Andi Harun akan berjalan objektif dan tanpa intervensi.

"Pasti objektif (penilaian DPP Gerindra), Pak Andi Harun pasti mencari wakil yang juga serius (mendampingi) dan ingin membangun Kota Samarinda," tegasnya ditemui sebelum Rapat Pleno terkait penjaringan Bacalon.

Mekanisme lanjutan sendiri setelah Rapat pleno digelar, esok pada Kamis (23/5/2024) DPC Partai Gerindra Samarinda akan segera menyerahkan hasil ke tingkat DPD agar dapat di plenokan bersama hasil dari Kabupaten/Kota sebelum nama–nama figur yang mendaftar dibawa ke DPP partai yang dipimpin Prabowo Subianto ini.

Dijelaskan Helmi ada 13 nama Bacalon yang mendaftar ke DPC Partai Gerindra Samarinda dan di plenokan setelah ditutupnya pendaftaran pukul 16.00 Wita.

"Dari DPC akan menilai berkas yang diserahkan pada kami serta menjadi bahan untuk diserahkan ke DPD, sebelum diserahkan ke DPP," jelas Helmi.

Terkait banyaknya para politisi, baik rival maupun parpol yang berminat mendaftar untuk ikut penjaringan guna mendapat rekom dampingi Andi Harun, Helmi tak menampik hal ini karena melihat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, yang dirilis pada Rabu (17/4/2024) lalu.

Survei LSI Denny JA yang dilakukan periode 25-31 Maret 2024 tersebut, memperlihatkan elektoral Andi Harun unggul jika dipertarungkan dengan para calon yang pernah maju di Pilkada Samarinda sebelumnya.

Diketahui pada Pilkada Samarinda 2020 lalu, Andi Harun berkontestasi dengan Darlis Pattalongi, M. Barkati, Zairin Zain, dan Sarwono.

Tak hanya sampai disitu, elektabilitas Andi Harun yang menembus 91 persen, menurutnya faktor calon wakil Walikota tidak lagi berpengaruh.

Karena ketika dipertarungkan dengan wakilnya sendiri Rusmadi Wongso, politisi Gerindra ini tetap unggul.

Hasil survei LSI Denny JA:

Andi Harun: 91,4 persen

Darlis Pattalongi: 1,1 persen

Halaman 
Tag berita: