Analisa

Pastikan Pemenuhan Air Bersih untuk Warga, Mekanisme Pengaduan Layanan PDAM Harus Sebaik dengan Proses Penanganan

POLITIKAL.ID, SAMARINDA – Infrastruktur layanan dasar air minum mutlak menjadi tanggungjawab pemerintah. Karena itu, keluhan warga soal air bersih, harus dijawab pemerintah secara responsif.

Hal itu disampaikan pengamat hukum Unmul, Herdiansyah Hamzah saat dikonfirmasi media ini.

Menurutnya, jangan sampai keluhan warga diabaikan begitu saja. Disebutnya, kalau dirunut, ada beberapa problem yang kerap kali dikeluhkan warga yakni, soal kualitas air. Ketersediaan air bersih untuk konsumsi, tentu saja menjadi kebutuhan warga yang harus disediakan oleh Pemerintah.

“Ini yang kerap kali dikeluhkan warga,” ujar Castro sapaannya.

Lanjut dia, tidak cukup hanya dengan air bersih. Layanan air bersih menurutnya harus linear dengan distribusi secara merata.

“Jangan sampai ada perlakuan yang berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya,” imbuhnya.

Ditambah Castro lagi, pengaduan dan penanganan yang terbilang masih cenderung lamban.

“Kedepan, mekanisme pengaduan layanan harus sebaik dengan proses penanganannya. Termasuk dengan informasi yang memadai seputar pelayajan air bersih, yang harus dipastikan dapat diakses warga secara mudah dan cepat,” pungkasnya. (001)

Show More

Related Articles

Back to top button