Arah Politik

Berapa Harta Pribadi Calon Petahana Kukar ? Ini Jumlah Kekayaannya

POLITIKAL.ID, SAMARINDA – Pasangan Edy Damansyah-Rendi Solihin dipastikan melawan kolom kosong di Pilkada Kukar 9 Desember 2020 mendatang.

Sebabnya setelah masa perpanjangan pendaftaran, hanya Edy Damansyah dan Rendi Solihin bacalon yang dinyatakan memenuhi syarat dukungan kursi 20 persen.

Persyaratan atau berkas Edi-Rendi dinyatakan lengkap. Yakni, syarat administrasi seperti ijazah, tanda terima dari KPK sebagai bukti telah melaporkan harta kekayaan ke lembaga anti rasuah.

“Yang diserahkan (ke KPU) itu, tanda terima, bahwasanya mereka (pasangan bacalon) telah melaporkan harta kekayaan ke KPK. Karena melaporkan harta kekayaan itu bukan ke KPU. Tapi ke KPK,” ujar Novan Surya Gafilah, salah satu komisioner KPU Kukar, Selasa (15/9/2020).

Penelusuran media ini, di website KPK, keduanya —Edi dan Rendi, telah melaporkan jumlah hartanya. Untuk periode tahun 2019.

Edi, tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp 4.621.054.958, atau Rp 4,2 miliar lebih. Dengan rincian, sejumlah bidang tanah dan bangunan, senilai Rp 2 miliar lebih. Alat transportasi dan mesin, empat sepeda motor dan satu unit mobil Mitsubishi Pajero Sport, total nilainya Rp 227 juta.

Jenis harta bergerak lainnya, senilai Rp 299 juta. Kas dan setara kas Rp 2,04 miliar lebih. Edi, kini menjabat sebagai bupati Kukar.

Sementara Rendi, politisi Golkar. Kini sebagai anggota DPRD Kukar. Di DPRD, ia sebagai ketua fraksi Golkar dan ketua Komisi II. Dalam LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara)-nya, ia memiliki harta kekayaan Rp 7.536.000.000, atau Rp 7,5 miliar lebih.

Terdiri dari, sejumlah bidang tanah dan bangunan, total senilai Rp 6,2 miliar lebih. Memiliki alat transportasi, Mitsubishi Mopen dan minibus merek Honda, total nilai Rp 750 juta. Harta bergerak lainnya senilai Rp 276 juta. Serta harta kekayaan jenis kas dan setara kas, senilai Rp 260 juta.

Pasangan Edi-Rendi, mengantongi 40 kursi, dari 45 kursi di DPRD Kukar. Perolehan itu, dari 9 partai. Yakni PDIP, Golkar, Gerindra, PAN, PKS, NasDem, Perindo, PPP dan Hanura. ( Redaksi Politikal – 001 )

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button