Minggu, 24 November 2024

Pilpres 2024

Dominasi Prabowo-Gibran di Medsos, Elektabilitas Ganjar-Mahfud Tak Lebih Baik dari Anies-Muhaimin

Minggu, 31 Desember 2023 14:41

Capres RI 2024, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo

POLITIKAL.ID - Berdasarkan hasil survei terbaru LSI Denny JA, capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo-Gibran mendominasi elektabilitas di pengguna media sosial (medsos).

Mulai dari WhatSapp, Facebook, TikTok, Instagram, hingga YouTube, pasangan Prabowo-Gibran mendapat tingkat kepercayaan tinggi dari para pengguna medsos.

Sedangkan Ganjar-Mahfud, justru tak lebib baik dari perolehan Anies-Muhaimin.

Pasalnya, elektabilitas Ganjar-Mahfud tidak pernah unggul daru dua pasangan capres-cawapres lainnya.

Sedangkan Anies-Muhaimin, mendapat atensi yang tinggi dari kalangan pengguna Twitter jelang Pilpres 2024.

"TikTok juga Prabowo-Gibran, Instagram Prabowo-Gibran, Twitter walaupun kecil, banyak yang memilih Anies-Imin," kata peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby dalam jumpa pers daring, Jumat (29/12/2023)

Survei LSI Denny JA menyebutkan, elektabilitas Prabowo-Gibran di kalangan pengguna TikTok mencapai 57,3 persen. 

Adapun bagi pengguna WhatsApp, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 42 persen, disusul Anies-Muhaimin dengan 28,1 persen, dan Ganjar-Mahfud 19,3 persen.

Sedangkan dari 63,9 persen responden pengguna Twitter memilih Anies-Muhaimin.

Pasangan capres-cawapres nomor urut satu ini unggul telak dari Prabowo Gibran yang mencapai 30,3 persen elektabilitas di Twitter, serta Ganjar-Mahfud 0,8 persen.

Survei ini melibatkan 1.200 orang responden yang dipilih melalui multistage random sampling. Margin of error survei +/-2,9 persen.

Berikut elektabilitas pasangan calon Pilpres 2024 di kalangan pengguna medsos:

WhatsApp

Basis: 63 persen dari seluruh responden

Anies-Muhaimin: 28,1 persen

Prabowo-Gibran: 42 persen

Ganjar-Mahfud: 19,3 persen

Halaman 
Tag berita:
Berita terkait