Rabu, 19 Juni 2024

Diskominfo Kukar

Gandeng Fakultas Ekologi IPB Bogor, Pemkab Kukar Luncurkan Program Data Desa/ Kelurahan Presisi

Sabtu, 18 Mei 2024 13:0

PELUNCURAN - Kick off meeting kegiatan membangun Data Desa/Kelurahan Presisi Kabupaten Kutai Kartanegara./ Foto: Istimewa

POLITIKAL.ID - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bersama Fakultas Ekologi Institut Pertanian Bogor (IPB Bogor) melakukan kerja sama untuk Program Data Desa/ Kelurahan Presisi yang diluncurkan di Gedung Bappeda Kukar pada Jumat (17/5/2024). 

Program ini nantinya akan menyediakan data yang akurat terhadap pemenuhan hak masyarakat yang juga  mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam kegiatan tersebut  turut hadir 104 Lurah dan Kepala Desa (Kades) serta Camat yang ada di Kabupaten Kukar. 

Kepala DPMD Kukar Arianto mengatakan pertemuan ini merupakan tindaklanjut pertemuan Bupati Edi Damansyah bersama Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik.

Sebelumnya, program Data Desa/Kelurahan Presisi  sudah duluan dilaksanakan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Dengan kegiatan hari ini, menjadi tahapan awal program ini dengan pemaparan dari IPB, pengukuhan enumerator serta diskusi dengan para Kades, Lurah dan Camat. 
 
“Jadi di tahun 2024 ini kita menetapkan 104 desa dan kelurahan sebagai lokus program ini. Mereka mendapat dukungan anggaran dari Pemprov Kaltim melalui anggaran murni. Kemudian sisa desa dan kelurahan akan dipenuhi di akhir tahun 2024,” jelas Arianto.

Nantinya, program ini akan berupa bantuan dari IPB yang memiliki enumerator. Yang merupakan petugas tim survey untuk pengumpulan data di lapangan.

Mereka akan membantu Pemkab Kukar dalam mengumpulkan data di desa dan kelurahan, untuk kemudian mengklarifikasi datanya.

Halaman 
Tag berita: