Selasa, 18 Juni 2024

Upaya Suplai Pangan IKN, Kodim 0906/kukar Bersama Pemerintah Tingkatkan Jalan Pertanian

Sabtu, 8 Juni 2024 8:0

POTRET - Penimbunan tanah untuk peningkatan jalan usaha tani di Desa Bangunrejo, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kukar, Kaltim./ Foto: Ist

POLITIKAL.ID -  Untuk mempermudah distribusi bahan pangan dari lokasi pertanian ke kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Komando Distrik Militer 0906/Kabupaten Kutai Kartanegara (Kodim 0906/Kukar) bersama pemerintah kabupaten setempat berkolaborasi meningkatkan jalan pertanian. 

"Kodim 0906 bersama Pemkab Kukar terus berkolaborasi pemenuhan kebutuhan pangan baik terkait intensifikasi, ekstensifikasi lahan, hingga pembangunan jalan usaha tani," ujar Babinsa Bangunrejo Kodim 0906/Kukar Serka Sukirin, dalam rilis Penerangan Korem 091/ASN di Samarinda, Selasa.

Untuk saat ini, kerja sama yang dilakukan adalah peningkatan jalan usaha tani, diawali dengan penimbunan tanah pada badan jalan yang rendah karena melewati sebagian kecil sawah, agar jalan tidak terendam air saat hujan. 

Jalan usaha tani tersebut dibangun di Desa Bangunrejo, Kecamatan Tenggarong Seberang, karena kawasan tersebut merupakan salah satu lokasi produksi padi dengan lahan cukup luas di Kukar, sedangkan untuk akses jalan masih setapak sehingga perlu pelebaran agar padi mudah diangkut menggunakan sepeda motor maupun mobil. 

Sukirin melanjutkan, karya bakti personel Kodim 0906/Kukar tersebut merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur pertanian, sehingga para petani maupun kelompok tani dapat mengoptimalkan angkutan produksi. 

Halaman 
Tag berita: