Kamis, 25 Juli 2024

Sidang Gugatan Pilpres 2024, Presiden Jokowi: 4 Menteri Dipastikan Hadir atas Undangan MK

Rabu, 3 April 2024 20:8

Presiden Jokowi seusai melepas bantuan kemanusiaan bagi pengungsi Palestina di Mesir dan Sudan, di Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (3/4/2024)./ Foto: Istimewa

POLITIKAL.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa 4 menterinya akan memenuhi panggilan MK untuk dimintai keterangan pada sidang gugatan Pilpres 2024 pada Jumat 5 April 2024 setelah menerima undangan dari Mahkahmah Konstitusi (MK) pada Junat (5/4/2024). 

4 mentri tersebut terdiri dari Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Sosial Tri Rismaharini

"Iya semuanya akan hadir karena diundang oleh MK. Semuanya akan hadir hari Jumat," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, dikutip dari tayangan Kompas.TV, Rabu (3/4/2024).

Pemanggilan 4 menteri Jokowi berkaitan dengan tuduhan politisasi bantuan sosial (bansos).

Efek elektoral bansos dianggap kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah memenangkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Presiden sudah meminta para menterinya untuk menerangkan apa yang sudah dilakukan sesuai tanggung jawabnya masing-masing.

"Ya, menerangkan apa yang sudah dilakukan masing-masing menteri. Kalau Bu Menteri Keuangan mengenai anggaran seperti apa. Kalau Bu mensos mengenai bantuan sosial dijelaskan seperti apa," ujarnya.

"Nanti akan dijelaskan semuanya lah. Ditunggu aja hari Jumat, ya," lanjutnya.

Soal bansos, Jokowi menegaskan tidak mau berkomentar.

"Saya enggak mau mengomentari apa pun yang berkaitan dengan MK," katanya.

Airlangga mengaku siap memenuhi panggilan MK untuk menjadi salah satu pihak yang memberi keterangandalam persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di MK.

Halaman 
Tag berita: